Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung BI Kelas X

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung BI Kelas X - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
Contohsuratku.net - Pada kesempatan ini kami akn berbagi informasi mengenai Tuturan langsung yang merupakan salah satu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mata pelajaran ini sering sekali membuat siswa merasa bingun karena belum memahami sepenuhnya mengenai cara Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung BI Kelas X.

Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung

Untuk memahami cara Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung BI Kelas X, silahkan ikuti penjelasan kami berikut ini.
Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung BI Kelas X
Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung BI Kelas X

Penertian Tuturan Langsung

Tuturan adalah sesuatu yang dituturkan; ucapan; ujaran (cerita). Dengan demikian Tuturan Langsung adalah informasi yang diperoleh dari narasumber secara langsung. Ciri-ciri tuturan langsung antara lain hanya dapat didengar sekali saja. 

Contoh Tuturan Langsung

Berikut ini bebrapa contoh yang dapat dijadikan tempat mendapatkan informasi tutran langsung seperti :
  1. Pidato
    Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

  2. Diskusi
    Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih/kelompok. Biasanya komunikasi antara mereka/kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik.

  3. Wawancara
    Wawancara adalah suatu cara mengumpulkan data dengan cara mengajukan pertanyaan langsung kepada seorang informan atau autoritas atau seorang ahli yang berwenang dalam suatu masalah.

  4. Ceramah
    Ceramah adalah pesan yang bertujuan memberikan nasehat dan petunjuk-petunjuk sementara ada audiens yang bertindak sebagai pendengar. Sedangkan umum adalah keseluruhan untuk siapa saja, khlayak ramai, masyrakat luas, atau lazim

Mencatat Hal-hal Penting dari Tuturan Langsung

Langkah - langkah agar dapat mencatat pokok - pokok informasi tuturan langsung, kita harus punya prinsip - prinsip mendengarkan. Seseorang dikatakan mampu mendengarkan tuturan langsung apabila menggunakan prinsip - prinsip berikut :
  1. Bersiap mendengarkan dengan pikiran terbuka (berkonsentrasi)
  2. Memahami ide dan fakta dalam tuturan langsung
  3. Menilai iden dan fakta dalam tuturan langsung
  4. Memotivasi diri untuk mencatat dan membuat laporan hasil menyimak
  5. Mencari hal - hal menaarik baru, tepat dan berguna dari informasi tuturan tidak langsung.
  6. Menagkap teknik penguraian dari tuturan langsung.
  7. Berlatih mendengarkan berbagai siaran langsung
  8. Langkah - langkah menulis kesimpulan :
  9. Mendengarkan dengan teliti isi informasi yang disampaikan secara langsung.
  10. Menafsirkan pokok - pokok informasi (5W + 1H) yang telah disampaikan.
  11. Menulis kembali pokok - pokok informasi tersebut secara ringkas.

Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung

  1. Mencatat poko-pokok isi informasi berarti merekam secara tertulis isi suatu kabar atau berita. Untuk mengetahui pokok-pokok isi informasi yang kita dengar, kita tidak dapat mengetahuinya berdasarkan satuan-satuan paragraf. Biasanya dari informasi yang kita dengar kita dapat menentukan pokok-pokok informasi berdasarkan yang paling mudah ditangkap dan diingat.

  2. Salah satu kunci untuk menentukan pokok-pokok informasi dapat menggunakan rumus 5w + 1H. What / apa Who / siapa Where / di mana When / kapan Why / mengapa How / bagaimana 

  3. Menyimpulkan isi informasi •Caranya yaitu dengan cara mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan dan menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut dan mudh dupahami. Agar informasi itu bermanfaat sampaikan kepada orang lain.

  4. Tahap menyimak Informasi berita adalah sebagai berikut, 
    Mendengar(hearing) merupakan tahap menyimak segala sesuatu yang dikemukakan oleh pembicara 

    Memahami(understanding) merupakan tahap memahami dengan baik isi pembicaraan yang disampaikan oleh pembicara.

    Menginterprestasikan (interpreting) penyimak menafsirkan atau menginterprestasikan isi, butir- butir pendapat yang terdapat dan tersirat dalam ujaran yang telah didengar dan dipahami 

    Mengefaluasi(evaluating) penyimak menilai atau mengevaluasi pendapat dan gagasan pembicara, keunggulan dan kelemahan, serta kebaikan dan kekurangan pembicara. menerima gagasan atau ide yang dikemukakan oleh pembicara dalam ujaran atau pembicaraan, kemudian menanggapi.

  5. Menyusun Rangkuman/Ringkasan merangkum sama dengan meringkas yang berarti membuat atau menjadikan ringkas (tidak banyak makan tempat), membuat jadi pendek(cerita, pembicaraan); membuat ikhtisar atau mengambil intisari saja
Demikian artikel tentang Mendengarkan dan Menyimpulkan Isi Informasi dari Tuturan Langsung BI Kelas X yang sempat kami bagikan pada kesempatan kali ini dan semoga bermanfaat, lihat juga :

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top