Menemukan Gagasan Utama Teks Bacaan, Pengertian, Ciri-ciri, Letak, Contoh dan Cara Menemukannya

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Menemukan Gagasan Utama Teks Bacaan, Pengertian, Ciri-ciri, Letak, Contoh dan Cara Menemukannya - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
Contohsuratku.net - Kesulitan dalam memahami teks bacaan adalah kalau kita tidak bisa menemukan gagasan utama, menemukan gagasan utama bukanlah persoalan mudah kalau kita tidak mengerti, oleh karena itu silahkan simak saja penjelasan kami berikut ini :
Menemukan Gagasan Utama Teks Bacaan, Pengertian, Ciri-ciri, Letak, Contoh dan Cara Menemukannya
Menemukan Gagasan Utama Teks Bacaan, Pengertian, Ciri-ciri, Letak, Contoh dan Cara Menemukannya

Pengertian Gagasan Uatama

Gagasan utama atau  gagasan pokok adalah pernyatan yang menjadi inti dari sebuah pembahasan atau dengan bahasa lain gagasan utama adalah gagasan yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.

Gagasan utama biasanya terletak pada kalimat utama yang biasanya terletak di awal dan akhir paragraf. Namun ada pula paragraf yang gagasan utamanya berada di awal dan akhir sekaligus.

Ciri-ciri Gagasan Utama

Penting bagi kita mengetahui ciri-ciri gagasan utama suatu pragraf untuk memudahkan dalam menemukan gagasan utama, oleh karena itu berikut ciri-ciri gagasan untama :
  1. Mengandung topik permasalahan yang dapat dijabarkan lebih lanjut.
  2. Biasanya berupa sebuah kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri.
  3. Memiliki arti yang jelas tanpa dihubungkan dengan kalimat lainnya.
  4. Dibentuk tanpa kata sambung atau transisi.
  5. Pada paragraf induktif, kalimat utama ditandai dengan kata-kata kunci berikut ini :
  6. Sebagai kesimpulan, Yang penting, oleh karena itu, Jadi, Oleh sebab itu, Dengan demikian

Letak Gagasan Utama

Selain ciri ciri diatas untuk memudahkan menemukan gagasan utama suatu pragraf berikut kami brtikan gambaran mengenai letak Gagasan Utama :


Contoh Gagasan Utama di Awal Paragraf

Orang yang akan pensiun tidak perlu stres. Pendiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi berarti mereka tidak memilii baban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu bisa dioptimalkan dengan berbagai kegiatan yang positif dan produktif, tentu orang tidak akan terkena stres.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah "tidak perlu stres menghadapi pensiun". Gagasan utama terdapat pada kalimat utama "Orang yang akan pensiun tidak perlu stres" . Hal ini diperkuat dengan adanya kalimat penjelas di kalimat terakhir yang berbunyi;"......tentu orang tidak akan terkena stres"

Contoh Gagasan Utama di Akhir Paragraf

Seorang muslim sudah sewajarnya untuk rajin beribadah dan berdo'a. Setiap hari, lantunan kata indah selalu dipanjatkan kehadirat-Nya. Ia yakin dengan berdo'a semua harapannya akan tercapai dan kesulitanpun akan dengan mudahnya dapat diselesaikan. Karena bagi seorang muslim do'a adalah senjata paling ampuh.

Gagasan utama pada paragraf diatas adalah "kedudukan do'a bagi seorang muslim". Gagasan utama terdapat pada kalimat utama "Karena bagi seorang muslim do'a adalah senjata paling ampuh".

Contoh Gagasan Utama di Awal dan Akhir Paragraf

Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia. Di hari ini hari dimana anton akan diwisuda. Kakak sulungku itu tampak rapih duduk di barisan pertama. Berjejer rapi bersama para mahasiswa lain dengan pakaian serba hitam lengkap dengan topi persegi yang menurutku sangat aneh.Dari tadi ku perhatikan kedua bibir ayah dan ibuku tidak pernah terkatup untuk berhenti mengucapkan tahmid sambil sesekali mengumbar senyum.Hari ini tampak begitu spesial bagi kami.

Gagasan utama paragraf tersebut terletak di awal dan akhir paragraf. Yaitu pada kalimat utama "Hari ini keluarga kami benar-benar bahagia" dan "Hari ini tampak begitu spesial bagi kami."

Cara Menemukan Gagasan Utama

Berikut ini adalah tips untuk menentukan gagasan utama dalam sebuah teks.

Bacalah dengan cermat

Bacalah kalimat demi kalimat di dalam paragraf pada teks tersebut dengan cermat, dan pahami pula apa yang sedang dibahas atau dibicarakan di dalam teks. Setelah membaca teks tersebut secara keseluruhan, jawablah pertanyaan berikut apa yang sedang dibahas pada teks tersebut? Jawaban dari pertanyaan tersebutlah yang menjadi topik utamanya.  

Temukan kalimat utamanya

Strategi yang kedua adalah menemukan kalimat utama pada setiap paragraf di dalam teks. Seperti yang telah kita ketahui, kalimat utama adalah kalimat yang bersifat umum dan mengandung gagasan utama. Sedangkan kalimat penjelas adalah kalimat khusus yang mendukung kalimat utama tersebut. Oleh karena itu, untuk menemukan kalimat utama adalah dengan melihat kalimat utama yang diukung oleh kalimat – kalimat penjelas pada paragraf di dalam sebuah teks.

Contoh Cara Menemukan Gagasan Utama Sebuah Bacaan

Buah Alpukat yang bukan buah asli Indonesia ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia. Buah ini berasal dari Amerika Latin dan tersebar luas hingga ke Indonesia berkat orang – orang portugis yang membawanya ke Indonesia. Di dalam buah ini terkandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat baik buat tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat yang bisa diambil dari buah alpukat.

Buah alpukat bisa mengencangkan kulit. Kandungan vitamin E yang tinggi di dalam kulit menjadi makanan sehat bagi kulit sehingga kulit dapat menghasilkan kolagen yang banyak. Kolagen inilah yang berfungsi untuk mencegah kulit menjadi keriput dan turun. Akibatnya, kulit akan selalu terlihat lebih muda.

Selain itu, buah alpukat juga bisa mencegah obesitas. Kandungan serat dan lemaknya bisa membantu proses diet bagi orang – orang yang ingin menurunkan berat badan. Lemak yang ada di dalam buah alpukat merupakan lemak baik dan tidak jenuh karena mudah larut dalam tubuh sehingga tidak bisa mengendap di dalam darah. Sedangkan seratnya yang banyak, bisa membuat kenyang dalam waktu yang lama.

Terlebih lagi, buah ini juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke. kandungan asam folat di dalam buah ini berperan dalam mencegah stroke. Orang yang sering mengkonsumsi buah alpukat akan memiliki asam folat yang banyak di dalam tubuhnya sehingga menurunkan resiko terkena penyakit stroke.

Buah yang memiliki daging buah lezat ini ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik. Oleh karena itu, buah ini sangat bermanfaat bagi kita.

Gagasan Utama Tiap Pragraf

Paragraf pertama

Kalimat utama : Buah Alpukat yang bukan buah asli Indonesia ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia.
Gagasan utama : Buah alpukat sangat bermanfaat.

Paragraf kedua 

Kalimat utama   : Buah alpukat bisa mengencangkan kulit.
Gagasan utama : Buah alpukat bermanfaat bagi kulit.

Paragraf ketiga

Kalimat utama  : Selain itu, buah alpukat juga bisa mencegah obesitas.
Gagasan utama : Buah alpukat mencegah obesitas.

Paragraf keempat

Kalimat utama  : Terlebih lagi, buah ini juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke.
Gagasan utama : Buah ini mengurangi penyakit stroke.

Paragraf kelima

Kalimat utama  : Oleh karena itu, buah ini sangat bermanfaat bagi kita.
Gagasan utama : Buah ini sangat bermanfaat.

Gagasan Utama Pregraf di Atas

Berdasarkan gagasan - gagasan utama pada setiap paragraf di dalam teks tersebut, maka gagasan utama teks eksposisi ini adala : "Buah alpukat sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita".

Demikian artikel Menemukan Gagasan Utama Teks Bacaan, Pengertian, Ciri-ciri, Letak, Contoh dan Cara Menemukannya yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini bisa membantu, jangan lupa baca juga :

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top