Kata Baku dan Tidak Baku, Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kata Baku Bhs. Indonesia

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Kata Baku dan Tidak Baku, Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kata Baku Bhs. Indonesia - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
Contohsuratku.net - Kembali kami berbagi sebuah artikel yang membahas salah satu bagian yang terpenting adalah masalah kata baku dan tidak baku. dan untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan kami berikut ini :
Kata Baku dan Tidak Baku, Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kata Baku Bhs. Indonesia
Kata Baku dan Tidak Baku, Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kata Baku Bhs. Indonesia

Pengertian Kata Baku

Kata adalah satuan atau unit terkecil dari sebuah bahasa. Jika membicarakan tentang kata, pasti ada kata baku dan kata tidak baku yang sering terjadi atau kita dengar meskipun kita sendiri tidak menyadarinya.

Kata-kata baku adalah kata yang telah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan dan tertulis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sedangkan, kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan.

Baku atau tidaknya kata merupakan persoalan ragam bahasa dalam hal penggunan. Kata baku sering disebut juga dengan kata resmi yaitu kata-kata yang banyak digunakan dalam acara formal seperti pidato maupun dalam karya tulis ilmiah. Sementara itu, kata tidak baku disebut juga dengan kata tidak resmi yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Singkatnya kata baku dan tidak baku dapat digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi tertentu.

Meskipun tidak tercantum dalam KBBI, kata tidak baku belum tentu kata yang tidak baik atau efektif karena, kata yang baik adalah kata-kata yang dapat dimengerti oleh pendengarnya. Oleh karena itu, meskipun menggunakan kata baku dalam acara tertentu dan para audiens tidak mengerti, kata baku tersebut bukanlah kata yang baik atau tidak efektif.

Karena bahasa adalah suatu hal yang dinamis, maka dengan seiring perkembangan zaman, kata-kata baru bermunculan. Pemunculan kata-kata baru tersebut dapat menjadi kata baku dan tidak baku. Berikut ini adalah faktor-faktor yang menyebabkan suatu kata menjadi tidak baku.

  1. Ketidaktahuan penuturnya tentang penulisan kata tersebut.
  2. Kemunculan kata-kata gaul atau alay yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, misalnya “Cius”, “Miapah”, dan lain-lain.
  3. Kesalahan yang tidak disadari tetapi terus menerus digunakan hingga menjadi umum di masyarakat.

Penggunaan Kata-Kata Baku

Karena bentuknya yang formal, maka kata-kata baku sering digunakan pada tulisan maupun acara berikut ini :

  1. Surat lamaran kerja
  2. Tulisan ilmiah
  3. Pidato resmi
  4. Pertemuan resmi
  5. Acara kenegaraan
  6. Tulisan artikel majalah atau Koran
  7. Surat-surat atau dokumen Negara, dan lain-lain.

Contoh kata baku dan tidak baku

Berikut ini adalah contoh kata tidak baku yang secara tidak sadar sering kita gunakan sehari-hari beserta contoh kata bakunya.



KATA BAKU KATA TIDAK BAKU
Aktif Aktip
Aktivitas Aktifitas
Analisis Analisa
Anda Ente, anda
Andal Handal
Angkat Tenteng
Antena Antene
Antri Antre
Anugerah Anugrah
Apotek Apotik
Asam Asem
Asap Asep
Asas Azas
Atlet Atlit
Atmosfer Atmosfir
Berbicara Ngomong, Ngobrol
Berkata Bilang
Bidik Keker
Bosan Bosen
Bundar Bunder
Bus Bis
Cabai Cabe
Cedera Cidera
Cendekiawan Cendikiwan
Cenderamata Cinderamata
Cepat Gesit
Datang Dateng
Debit Debet
Definisi Difinisi
Dekret Dekrit
Demiapa Miapa
Dengan Sama
Dengar Denger
Dengar Denger
Desain Disain
Deskripsi Diskripsi
Detail Detil
Diagnosis Diagnosa
Dirumah Dirumah
Efektif Efektiv
Ekstra Extra
Episode Episod
Februari Pebruari
Film Pelem
Fitnah Pitnah
Formal Formil
Gizi Giji
Hakikat Hakekat
Harfiah Harafiah
Hijau Ijo
Imbau Himbau
Ingat Inget
Istri Isteri
Izasah Ijasah
Jadwal Jadual
Jum’at Jummat
Kacau Kaco
Karier Karir
Kaus Kaos
Kempis Kempes
Kencang Kenceng
Kencang Kebut
Kompleks Komplex
Kualitas Kwalitas
Kualitas Kwalitas
Kuantitatif Kwantitatif
Lari Kabur
Lembap Lembab
Lubang Lobang
Maaf Ma’af
Masjid Mesjid
Melihat Liyat
Membuat Bikin
Memikir Pikirin
Menemukan Nemu
Mengubah Merubah
Menoleh Menengok
Menyeret Menseret
Merek Merk
Mulia Mulya
Museum Musium
Nasihat Nasehat
Negeri Negri
Ngasal Ngaco
Nonton Tonton
Objek Obyek
Paham Faham
Pahit Pait
Pasif Pasip
Paspor Pasport
Peduli Perduli
Penasihat Penasehat
Pensil Pinsil
Praktek Praktik
Pusing Pening
Putra Putera
Putri Puteri
Rabu Rabo,Rebo
Risiko Resiko
Risleting Resleting
Sahabat Sohib
Salam Salim
Sampai Sampe
Saraf Sarap
Saya Gw
Sekadar Sekedar
Senin Senen
Serius Ciyus
Serius Srius
Sholat Shalat
Silakan Silahkan
Sontek Contek
Sportif Sportip
Subjek Subyek
Surga Sorga
Takut Ngeri
Tanam Tanem
Tangkap Tangkep
Teknik Tehnik
Teknologi Tehnologi
Telantar Terlantar
Telepon Telefon
Telur Telor
Teman Temen
Tenang Kalem
Terampil Trampil
Terkilir Keseleo
Terlajur Telanjur
Tidak Enggak
Wujud Ujud
Zaman Jaman

Demikian artikel tentang Kata Baku dan Tidak Baku, Pengertian, Penggunaan dan Contoh Kata Baku Bhs. Indonesia yang sempata kami bagikan pada kesempatan ini dan jangan lupa baca juga :

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top