Tips Belajar Bhs Indonesia Kelas X SMA Menceritakan Berbagai Pengalaman

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Tips Belajar Bhs Indonesia Kelas X SMA Menceritakan Berbagai Pengalaman - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
Contohsuratku.net - Banyak diantara kita yang sebenarnya memiliki banyak pengalaman yang menarik untuk diceritakan, namun tidak setiap orang bisa membuat dan menceritakan pengalaman tersebut kembali, dan untuk memudahkan anda dalam membuat atau menyusun cerita pengalaman anda sehingga menjadi sebuah pengalaman menari, silahkan simak penjelasan kami berikut ini :
Tips Belajar Bhs Indonesia Kelas X SMA Menceritakan Berbagai Pengalaman
Tips Belajar Bhs Indonesia Kelas X SMA Menceritakan Berbagai Pengalaman

Menceritakan Berbagai Pengalaman

Menceritakan pengalaman yang menarik dangan baik sehingga menjadi sebuah cerita yang menghibur dan menyenangkan 

Definisi dan Jenis-Jenis Pengalaman

Pengalaman adalah sesuatu yang pernah Anda alami. Pengalaman merupakan kejadian masa lalu yang Anda lakoni. Mungkin pula kejadian itu merupakan sesuatu yang anda saksikan, Anda dengar, ataupun yang yang anda rasakan.

Setiap orang tentunya memiliki banyak pengalaman. Pengalaman-pengalaman itu dapat berupa :
  1. Kejadian lucu atau menyedihkan
  2. Kejadian ajaib, langka, atau menyeramkan
  3. Peristiwa menghebohkan
  4. Pertemuan dengan tokoh idola
  5. Kunjungan ke tempat-tempat jauh dan terkenal


Dari sekian kejadian itu, tentunya, ada beberapa yang sulit untuk anda lupakan. Kejadian itulah yang di sebut dengan pengalamanmengesankan. Pengalaman itu selalu membayangi kehidupan seseorang karena kelangkaan, kekhasan, kelucuan, atau daya tariknyayang kuat. Sebuah pengalaman dapat pula mengubah kehidupan atau nasib seseorang.

Menceritakan Pengalaman

Agar pendengar tertarik dengan pengalaman yang anda sampaikan, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

1. Memilih Tema
Tidak semua pengalaman layak di ceritakan kepada orang lain, sebab belum tentu pendengar tertarik dengan pengalaman Anda. Untuk itu, pilihlah pengalaman yang menarik perhatian.
Contoh:
  • Pengalaman menyedihkan ketika bencana tsunami terjadi.
  • Kejadian lucu di rumah seorang teman ketika belajar kelompok.
  • Pengalaman menegangkan saat Anda di kejar anjing, dan sebagainya.


2. Mencatat Pokok-Pokok Pengalaman
Catatan pokok pengalaman yang sangat berguna sebagai pedoman dalam bercerita. Dengan mengacu pada catatan tersebut, setidaknya anda dapat terhindar dari penyakit lupa. Selain itu, Anda juga dapat mengatur cerita itu sehingga lebih terarah, sistematis, dan sesuai tujuan (tidak lepas dari alur cerita).
Contoh:
  • Catatan pokok-pokok pengalaman
  • Pagi hari
  • Duduk di tepi pantai
  • Melihat ombak
  • Aku berkhayal
  • Ombak bergulung-gulung
  • Semakin besar
  • Menuju daratan
  • Banyak orang meninggal
  • Daratan hancur
  • Orang orang berteriak dan meratap


3. Teknik Menyampaikan Pengalaman
Agar pengalaman Anda itu menarik perhatian pendengar, ketika menceritakannya, Anda perlu mencermati langkah-langkah berikut.

  • Perhatikan para pendengar selama bercerita, misalnya dengan melakukan kontak mata dengan mereka. Emosi mereka juga perlu di perhatikan. Jika mereka kurang tertarik dengan cerita Anda, segeralah beralih pada cerita lainnya yang Anda anggap lebih menarik. Evaluasilah volume suara atau sikap tubuh, mungkin saja faktor tersebut menjadi penyebab ketidak tarikan mereka.
  • Lakukan interaksi dengan para pendengar. Buatlah mereka turut terlibat dalam cerita itu

Dengan mengikuti langkah langkah diatas saya yakin anda akan terbiasa dan pintar untuk merangkai kata kata sehingga menbuat cerita pengalaman anda menjadi menarik.


Contoh Cerita Pengalaman Menarik

Ulang Tahun Ayu yang Keenam

Hari ini, Ayu ulang tahun yang keenam. Mama dan Papa memberinya hadiah. Hadiah itu amat kecil. Aku membuka hadiah itu. Di dalamnya, ada sehelai kain lap kecil. Warnanya kuning. Ada renda merah di sekeliling sisinya.

Ayu mengucapkan terima kasih pada Mama dan Papa. Namun, ia merasa kecewa juga. "Di ulang tahunku yang pertama, aku mendapat boneka beruang.

Di ulang tahun yang kedua, boneka Barbie. Di ulang tahun yang ketiga, aku mendapat kereta-keretaan. Di ulang tahun yang keempat hadiahku rumah boneka.

Lalu saat berulang tahun yang kelima, aku mendapat sepatu. Tapi sekarang, di ulang tahun yang keenam, aku cuma dapat kain lap."

Papa pergi bekerja dan Mama sibuk di dapur. Ayu bingung apa yang harus dikerjakan. Ia lalu mencoba kain lapnya. Mula-mula melap meja. Ia mengangkat kotak buah di meja itu. Ah, Ayu menemukan sehelai pita rambut yang cantik.

"Wah, cocok sekali dengan rambutku," ucap Ayu. Pita itu lalu disematkan di rambutnya.

Kemudian Ayu mengelap keempat kursi meja itu. Wow, ia menemukan satu barang di setiap kursi. Ada buku mewarna gambar, sekotak krayon, sebuah dompet bertulis 'AYU', dan sebuah sisir kecil cantik. Di atas bufet, Ayu menemukan sepasang sepatu boneka. Sepatu itu sangat cocok untuk boneka Barbienya. Di atas televisi ia menemukan cincin kecil yang indah. Cicin itu berhiaskan batu kaca warna-warni. Ukurannya sangat pas di jari manis Ayu.

Saat Ayu memerhatikan cahaya berkilau dari batu kaca di cincin itu, Mama datang. Ia tersenyum manis. "Ayu," ucap Mama, "semua itu untuk kamu. Mama sengaja menyembunyikan agar kau menemukannya. Kau suka?"

Mama lalu mengeluarkan kue ulang tahun yang besar. Di kue itu ada enam batang lilin.

Ayu sangat senang. "Terima kasih, Ma," katanya penuh sukacita. "Kini aku mengerti mengapa Mama memberiku kain lap di ulang tahunku ini. Mama ingin aku sibuk ya, sementara Mama menyiapkan kejutan untukku. Oh. Sungguh ulang tahunku yang indah!"

Demikian artikel dari kami tentang Tips Belajar Bhs Indonesia Kelas X SMA Menceritakan Berbagai Pengalaman yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini bisa membantu anda dan jangan lupa baca juga :

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top