Surat Lamaran Kerja Cara Penulisan, Download Contoh dalam File Word

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Surat Lamaran Kerja Cara Penulisan, Download Contoh dalam File Word - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
idnoffice.blogspot.com - Contoh Surat Lamaran Kerja ini bisa anda dapatkan dengan mudah sebagai dasar atau padoman menghindari kesalahan tata bahasa penulisan surat lamaran kerja. Untuk itu silahkan simak Surat Lamaran Kerja Cara Penulisan, Download Contoh dalam File Word berikut ini :
Surat Lamaran Kerja Cara Penulisan, Download Contoh dalam File Word
Surat Lamaran Kerja Cara Penulisan, Download Contoh dalam File Word

Surat Lamaran Kerja Cara Penulisan dan Contohnya

Untuk aturan penulisan surat lamaran kerja silahkan saja simak penjelasan kami berikut ini :

Amati iklan lowongan kerja

Langkah pertama adalah mencermati iklan lowongan kerja yang memuat posisi yang Anda incar. Iklan lowongan kerja tersebut mungkin Anda dapatkan dari media cetak atau situs lowongan kerja Indonesia. Apa pun sumbernya, baca dengan teliti tanggung jawab dan kualifikasi yang diminta pengiklan. Dengan demikian, Anda tidak salah informasi yang bisa berdampak fatal pada surat lamaran kerja yang akan dibuat.

Identifikasi keterampilan Anda yang relevan

Setelah mencermati iklan lowongan pekerjaan, identifikasi pengalaman kerja dan keterampilan Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Tulis garis besar pengalaman dan keterampilan tersebut dalam kertas kosong atau buku saku Anda sehingga Anda tidak lupa. Jika memungkinkan, kumpulkan dokumen atau sertifikat yang mendukung pengalaman dan keterampilan Anda tersebut.

Ketahui komponen surat lamaran kerja

Langkah ketiga adalah mengetahui komponen surat lamaran kerja. Umumnya, surat lamaran pekerjaan terdiri dari tujuh komponen, yaitu:

Kepala Surat

Kepala surat (heading) umumnya terdiri dari nama, alamat, nomor telepon, dan email Anda. Letaknya di sebelah kanan.

Tanggal 

Setiap surat harus memiliki tanggal. Urutan tanggal dalam bahasa Indonesia adalah hari, bulan, dan tahun (misal 01 Agustus 2016). Sementara itu, urutan penulisan tanggal dalam bahasa Inggris adalah bulan, hari, dan tahun. Sebelum tahun disisipkan tanda baca koma (contoh Agustus 01, 2016).

Alamat yang Dituju 

Komponen ini biasanya berupa nama dan divisi yang dituju, berikut nama serta alamat perusahaan. Penulisannya dalam bentuk lurus (block format) yang diletakkan di sisi kiri.

Salam Pembuka 

Salam pembuka umum dipakai dalam semua jenis surat. Biasanya salam pembuka berupa ‘Dengan hormat,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Dear Sir/Madam,’ (dalam bahasa Inggris).

Tubuh Surat

Tubuh surat merupakan komponen utama surat lamaran pekerjaan. Komponen ini umumnya berisi empat paragraf. Paragraf pertama berisi posisi yang Anda lamar dan sumber informasi lamaran. Paragraf kedua dan ketiga menjelaskan alasan mengapa Anda merasa mampu dan layak menempati posisi tersebut. Paragraf keempat berisi ungkapan rasa terima kasih dan harapan Anda.

Salam Penutup 

Salam penutup diletakkan di bagian surat lamaran Anda. Salam ini umumnya berupa ‘Hormat saya,’ (dalam bahasa Indonesia) atau ‘Sincerely,’ (dalam bahasa Inggris).

Blok Tanda Tangan

Blok tanda tangan terdiri dari tanda tangan asli dan nama Anda yang diketik dengan menggunakan komputer.

Ketik surat lamaran kerja Anda

Langkah keempat adalah mengetik surat lamaran kerja Anda dengan menggunakan komputer atau laptop. Di zaman sekarang ini, rasanya sudah tidak relevan lagi membuat surat lamaran kerja untuk perusahaan bonafid dengan mengetiknya di mesin ketik atau menulisnya di kertas.

Jangan khawatir bila Anda tidak punya komputer atau laptop. Anda bisa ke rental komputer atau warung internet untuk mengetik surat lamaran Anda.

Baca ulang surat lamaran kerja yang dibuat

Langkah terakhir adalah membaca ulang surat lamaran kerja yang baru Anda buat. Lakukan minimal 3 kali sehingga Anda bisa melihat apakah surat lamaran yang Anda buat itu sudah benar atau belum. Selain itu, aktivitas ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi salah ketik yang bisa merugikan surat lamaran kerja Anda.

Contoh surat lamaran kerja

Masih bingung tentang cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Jangan khawatir. Di bawah ini saya berikan contoh surat yang bisa anda download.

Contoh Surat Lamaran Kerja 1


Kepada :
Yth.
Bpk / Ibu Personalia 
PT. Contoh Surat
Di.
Jl. idnoffice.blogspot.com

Hal :  Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi adanya lowongan pekerjaan dari PT. Contoh Surat  yang saya dapatkan dari harian Contoh surat lamaran kerja pada tanggal ……………………... Saya bermaksud untuk melamar pekerjaan dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Marketing dengan kode (MG) di perusahaan .PT. Contoh Surat.

Berikut ini adalah data singkat saya :

Nama
Tempat / tgl. Lahir
Pendidikan Terakhir      
Telepon (HP)
Status                   
Alamat
:
:
:
:
:
:
TAMRIN BADARUDDIN
Belawa / 23 Maret 1988
S1 Manajemen Informatika
0823456789XX
Lajang
Jl. Contoh Surat
idnoffice.blogspot.com

Dan saat ini saya dalam keadaan yang sehat dan dapat berbahasa Inggris dengan fasih. Kejujuran selalu saya utamakan dan latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan, dan saya juga dapat mengoperasikan  komputer baik itu Lotus Spreedsheet, MS Office Word, Excell, Access dan beberapa macam software perkantoran lainnya.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1.     Daftar Riwayat Hidup
2.     Foto copy ijazah S1
3.     Foto copy transkrip nilai
4.     Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5.     Pas photo yang terbaru

Kesempatan wawancara dari Bapak / Ibu Personalia sangat saya harapkan agar saya dapat menjelaskan lebih rinci tentang potensi dan kemampuan saya untuk perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini, Saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu personalia.


Belawa, ………………………

Hormat Saya,



TAMRIN BADARUDDIN

Contoh Surat Lamaran Kerja 2


Wajo, ………………………….


Kepada :
Yth. Kepala Badan …………….. RI

Up. Tim Pengadaan CPNS Badan …… RI

Formasi Tahun Anggaran 20……



Perihal :    Lamaran Pekerjaan

Dengan hormat, 
Melalui surat ini saya mengajukan lamaran untuk dapat diterima menjad Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun ………..… di Lingkungan Badan ………………. RI pada posisi jabatan ............................. kode jabatan ..............................

Sebagai bahan pertimbangan berikut data diri saya :

Nama
:
TAMRIN BADARUDDIN
Tempat, Tgl. lahir
:
Belawa Wajo, 28 Mei 1998
Jenis Kelamin
:
Laki-laki
Pendidikan
:
S1
Jurusan
:
Pendidikan Biologi
IPK
:
3,52
Alamat
:
Jl. www.contohsurtaku.net

Sebagai bahan pertimbangan bersama ini saya sampaikan berkas lamaran dengan lampiran sebagai berikut :

1.   Daftar Riwayat Hidup
2.   Foto copy ijazah S1
3.   Foto copy transkrip nilai
4.   Foto copy sertifikat kursus dan pelatihan
5.   SKCK dari Kepolisian
6.   Surat keterangan berbadan sehat
7.   Pas foto yang terbaru


Demikian kami sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.




Hormat Saya,





TAMRIN BADARUDDIN


Contoh Surat Lamaran Kerja 3


Kepada :
Yth.
HDR PT. Contoh Surat
Di.
Jl. idnoffice.blogspot.com

Hal :  Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama
Tempat / tgl. Lahir
Pendidikan Terakhir      
Telepon (HP)
Status                   
Alamat
:
:
:
:
:
:
TAMRIN BADARUDDIN
Belawa / 23 Maret 1988
S1 Manajemen Informatika
0823456789XX
Lajang
Jl. Contoh Surat Lamaran

Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :

1.
2.
3.
4.
5.
6.
Pas Photo.
Foto copy KTP
Daftar Riwayat Hidup
Foto copy Ijazah Terakhir
Foto copy Sertifikat Competensi
Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.



Belawa, …………………

Hormat Saya,




TAMRIN BADARUDDIN

Demikian artikel dari kami tentang Surat Lamaran Kerja Cara Penulisan, Download Contoh dalam File Word yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan jangan lupa baca juga artikel kami lainnya berikut ini :

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top