Menulis Paragraf Deskriptif Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Menulis Paragraf Deskriptif Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
Contohsuratku.net - Artikel kali ini yang kami bagikan adalah Menulis Paragraf Deskriptif, dimana materi ini masuk dalam Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Semester 1, Sebagai bahan bacaan yang dapat membantu anda dalam memahami materi pelajaran Menulis Paragraf Deskriptif sehingga anda bisa menulis sendiri Menulis Paragraf Deskriptif nantinya. Dan untuk lebih jelasnya silahkan ikuti penjelasan kami berikut tentang Menulis Paragraf Deskriptif Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X :
Menulis Paragraf Deskriptif Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X
Menulis Paragraf Deskriptif Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X

Menulis Paragraf Deskriptif

Untuk menuntun anda dalam memahami tentang Menulis Paragraf Deskriptif ini silahkan ikuti pejelasan lengkap kami berikut ini :

Pengertian Paragraf Deskriptif (deskripsi)

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menjelaskan kepada pembaca mengenai suatu hal seperti objek; gagasan; tempat; atau peristiwa melalui perincian dan detail hal tersebut. Penulis menggunakan ilustrasi untuk menjelaskan hal tersebut melalui keadaan, warna, rasa, atau kesan  yang ada pada hal tersebut. Dengan kata lain, diskripsi adalah melukis atau memotret benda atau suasana dengan kata-kata.

Tujuan Paragraf Deskriptif

Paragraf deskriptif bertujuan untuk menggambarkan suatu objek sehingga pembaca bisa seolah-olah melihat, mendengar, merasakan atau mengalami objek dan peristiwa yang dideskripsikan penulis.

Jenis Paragraf Deskriptif

Secara umum, paragraf deskripsi dibedakan atas tiga macam, yaitu :
  1. Paragraf deskripsi spasial adalah paragraf yang melukiskan ruang atau tempat berlangsungnya suatu peristiwa.
  2. Paragraf deskripsi objektif adalah paragraf  yang menggambarkan suatu hal atau orang dengan mengungkapkan identitasnya secara apa adanya sehingga pembaca dapat membayangkan keadaannya.
  3. Paragraf Deskripsi Subjektif, paragraf ini menggambarkan objek seperti tafsiran atau kesan perasaan penulis.

Ciri-Ciri Paragraf Deskriptif

Adapun ciri-ciri dari Paragraf Deskriptif dapat diketaui dengan 3 langkah sebagai berikut :
  1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  2. Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan indera.
  3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri.

Langkah Menulis Paragraf Deskriptif

1. Cari sebuth topik
Untuk menulis paragraf deskriptif dengan baik, pertama kali yang harus kamu lakukan adalah 1) mencari topik yang bagus, dan 2) mempelajari dengan baik topik tersebut. 

Agar lebih mudah pada langkah awal ini, cara terbaik untuk mendapatkan ide topik yang akan diangkat atau ditulis dalam bentuk paragraf deskriptif adalah melihat apa yang ada disekelilingmu. Coba berjalan-jalan dirumah, ruang tamu, sampai ke dapur, lihat semua hal yang ada, tentu kamu akan mendapatkan hal atau objek yang baik untuk ditulis deskriptif. Sepatu baru, tas kesayangan, meja belajar, dan lain-lain adalah ide menarik yang bisa ditulis secara deskriptif.

Selanjutnya pelajari objek yang sudah kamu dapatkan. Untuk mempermudah coba ikuti beberapa pertanyaan berikut untuk mempelajari objek yang akan di tulis.
  • Bagaimana rasa, suara, bau objek ini?
  • Berapa ukurannya?
  • Bagaimana bentuknya?
  • Berapa beratnya?
  • Apa warnanya?
  • Bagimana kondisinya?


Kembangkan terus pertanyaan lanjutan sampai kamu benar-benar memahami objek tersebut.

2. Rancanglah sebuah paragraf deskriptif
Setelah kamu memilih sebuah topik dan telah mengoleksi beberapa detail topik tersebut, kamu sudah siap untuk menyusun paragraf deskriptif dengan merancang paragraf deskriptif secara kasar. Tulis saja topik utamanya dan semua detail yang telah kamu ketahui.

3. Revisi Paragraf deskriptifmu
Kini saatnya kamu merevisi paragraf kasar yang telah kamu tulis. Konsentrasi saja pada penyusunan gambaran detail yang kamu buat. Apakah kalimatnya sudah jelas, logis, dan setiap detail dapat tersusun dengan baik.

4. Cek dan Baca kembali paragraf deskriptifmu
Paragraf deskriptif hasil revisimu sudah selesai, kini saatnya membaca kembali. Ajak teman kamu untuk membacanya dan minta pendapatnya  untuk memperbaiki tulisanmu. Kamu juga bisa menggunakan beberapa pertanyaan ini untuk cek apakah paragraf deskriptifmu telah memenuhi syarat.
  • Apakah paragrafmu sudah dimulai dengan sebuah kalimat utama? Sebuah kalimat utama mengenai objek yang akan jelaskan detailnya.
  • Apakah paragraf sudah konsisten, jelas dan spesifik?
  • Apakah paragraf sudah tersusun dengan kalimat yang lengkap?
  • Apakah semua kalimat pendukung yang berisi gambaran dan penjelasan sudah menjelaskan kalimat utama di awal paragraf?
  • Apakah kamu sudah mengurutkan deskripsinya dengan baik dan logis?
  • Apakah kamu sudah menutup paragraf dengan kalimat yang mengesankan bahwa objek yang kamu deskripsikan itu adalah hal yang sepesial, istimewa, atau unik, yang menarik pembaca?


Bila pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut telah dapat kamu aplikasikan pada paragraf yang baru kamu buat, maka kamu sudah mendapatkan sebuah paragraf deskripsi yang baik.

Contoh Paragraf Deskripsi

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat Hotel Melati
Salah satu hotel yang paling menakutkan yang ada di kota ini adalah hotel melati yang konon sangat kental dengan cerita mistis di dalamnya. Ketika anda memasuki pintu hotel itu semuanya seperti sama saja dengan hotel lainnya. Hanya saja yang membedakan cat temboknya yang sudah mulai pudar dan kusam, meja resepsionis yang terbuat dari kayu yang mulai usang menambah kekentalan kesan mengerikan tersebut. Namun ketika anda memasuki lorongnya di kamar paling ujung sebelah kanan terdapat satu kamar yang tidak boleh di tempati yaitu kamar nomor 213. Dahulu di kamar tersebut pernah terjadi pembantaian sepasang kekasih dengan cara yang sangat sadis. Sepasang kekasih tersebut dibantai dan kepalanya hilang entah kemana. Kejadian tersebut merupakan awal mula kamar nomor 213 tidak lagi bisa ditempati namun menurut penjaga hotel kamar tersebut tetap di bersihkan dan ditata dengan rapi seperti kamar lainnya.

Contoh Paragraf Deskripsi Singkat Gadis Cantik
Bunga adalah namanya orang-orang desa menyebutnya dengan bunga desa karena parasnya yang terlewat ayu. Bunga memiliki rambut yang panjang berwarna hitam dan tubuh yang munjulang tinggi sekitar 160 cm tak heran jika banyak pria desa yang jatuh hati padanya. Bunga merupakan gadis yang santun dan sangat patuh kepada kedua orang tuanya. Setiap pagi bunga membantu sang ayah untuk membawa barang dagangannya ke pasar dengan membawa sepeda mini miliknya. Bukan hanya itu dia juga ternyata merupakan bidan desa yang baru menyelesaikan sekolahnya di kota satu tahun yang lalu

Contoh Paragraf Deskripsi dalam Bahasa Inggris

A Friendly Clown
On one corner of my dresser sits a smiling toy clown on a tiny unicycle--a gift I received last Christmas from a close friend. The clown's short yellow hair, made of yarn, covers its ears but is parted above the eyes. The blue eyes are outlined in black with thin, dark lashes flowing from the brows. It has cherry-red cheeks, nose, and lips, and its broad grin disappears into the wide, white ruffle around its neck. The clown wears a fluffy, two-tone nylon costume. The left side of the outfit is light blue, and the right side is red. The two colors merge in a dark line that runs down the center of the small outfit. Surrounding its ankles and disguising its long black shoes are big pink bows. The white spokes on the wheels of the unicycle gather in the center and expand to the black tire so that the wheel somewhat resembles the inner half of a grapefruit. The clown and unicycle together stand about a foot high. As a cherished gift from my good friend Tran, this colorful figure greets me with a smile every time I enter my room.

Gregory
Gregory is my beautiful gray Persian cat. He walks with pride and grace, performing a dance of disdain as he slowly lifts and lowers each paw with the delicacy of a ballet dancer. His pride, however, does not extend to his appearance, for he spends most of his time indoors watching television and growing fat. He enjoys TV commercials, especially those for Meow Mix and 9 Lives. His familiarity with cat food commercials has led him to reject generic brands of cat food in favor of only the most expensive brands. Gregory is as finicky about visitors as he is about what he eats, befriending some and repelling others. He may snuggle up against your ankle, begging to be petted, or he may imitate a skunk and stain your favorite trousers. Gregory does not do this to establish his territory, as many cat experts think, but to humiliate me because he is jealous of my friends. After my guests have fled, I look at the old fleabag snoozing and smiling to himself in front of the television set, and I have to forgive him for his obnoxious, but endearing, habits.

Demikian artikel tentang Menulis Paragraf Deskriptif Materi Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga apa yang kami bagikan ini bisa membantu anda dalam Menulis Paragraf Deskriptif, dan jangan lupa baca juga :

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top