Contoh Pidato Sambutan Singkat Tentang Pendidikan Anak Guru dan Inspirasinya

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Contoh Pidato Sambutan Singkat Tentang Pendidikan Anak Guru dan Inspirasinya - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
Contohsuratku.net - Kembali kami berbagi sebuah Contoh Pidato yang paling populer dan sering dibawakan oleh para Siswa dan juga guru pada berbagai acara resmi.

Contoh Pidato

Untuk lebih jelasnya mengenai Contoh Pidato kami yang berasal dari berbagai sumber silahkan simak artikel kami tentang Contoh Pidato Sambutan Singkat Tentang Pendidikan Anak Guru dan Inspirasinya berikut ini :
Contoh Pidato Sambutan Singkat Tentang Pendidikan Anak Guru dan Inspirasinya
Contoh Pidato Sambutan Singkat Tentang Pendidikan Anak Guru dan Inspirasinya

Definisi / Pengertian Pidato

Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

Tujuan Pidato

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.


Pidato Pentingnya Pendidikan

Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Yth. Ibu guru dan teman-teman yang saya banggakan
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT . Atas berkat rahmat dan hidayah-Nya lah sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat wal-afiat. Saya berterima kasih kepada Ibu guru dan teman-teman yang telah memberikan kesempatan yang baik ini bagi saya. Pada kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato singkat mengenai betapa Pentingnya pendidikan bagi kita, sehingga teman-teman sadar bahwa pendidikan begitu penting.

Sebelum membahas mengenai pendidikan, marilah kita melihat kembali manfaat yang kita peroleh dari pendidikan itu sendiri. Dengan pendidikan yang tinggi, kita dapat meraih cita-cita setinggi bintang. Dengan pendidikan pula kita dapat membiayai hidup ini yang tidak semurah kita membeli sebutir permen di toko. Begitu besar manfaat yang kita peroleh bagi hidup kita melalui pendidikan yang kita capai.Dengan pendidikan pula, kita dapat membangun Negara kita ini yang masih jauh dari sempurna. Membangun Negara yang bersifat berkembang menjadi Negara yang bersifat maju. Oleh karena itu teman-teman yang saya banggakan, janganlah kita malas dalam mencari ilmu itu.

Banyak dari kita yang memperoleh fasilitas sekolah yang paling baik dan lengkap. Contohnya saja,mandi pagi dengan air hangat, banyak teman-teman yang pergi ke sekolah dengan menggunakan baik kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat yang kita kenal dengan mobil dan juga fasilitas lengkap berupa buku paket yang di berikan secara gratis. Guru yang tersedia pun melampaui batas kecukupan.Semua kalian miliki dengan mudahnya di sekolah ini. Tetapi sangat sulit membangun semangat belajar yang tinggi. Contohnya saja, malas bangun pagi saat harus berangkat ke sekolah. Apa lagi, ada yang tidur ataupun bermain-main saat pelajaran berlangsung.

Di jaman yang serba modern ini kita dituntut untuk terus berpacu menggali ilmupengetahuan, kalau kita lengah sedikit saja kita akan tertinggal jauh oleh teman-temankita yang terus berpacu menggali ilmu pengetahuan.

Teman-teman yang saya bangggakan, kita semua telah sadar dan menyadari betapa pentingnya pendidikan, semenjak kita duduk di bangku sekolah dari TK, SD sampai sekarang kita akan meninggalkan bangku sekolah SMA ini, banyak sekali ilmu yang kita dapatkan baik itu ilmu pengetahuan umum maupun ilmu agama, dari yang tidak tau kita bisa tahu, dari yang tidak mengerti kita bisa mengerti. Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini perkenankan saya untuk menyampaikan ucapan rasa syukur kehadirat Allah SWT. Dan ucapan terima kasih yang tiada terhingga kepada Bapak dan Ibu Guru dimana beliau tidak ada bosan-bosannya untuk terus menerus mengingatkan kepada kita untuk rajin belajar dan belajar. Dengan dorongan itu Alhamdulillah kini kita memetik hasilnya.

Dengan selalu memohon ampun dan Ridho-Nya semoga apa yang kita cita-citakanAllah SWT mengabulkannya. Amin ya Rabal Alamin.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik iniapabila ada kekurangan dan tutur kata yang kurang berkenan saya mohon maaf.

Wabillahitaufik Walhidayah
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pendidikan yang Menginspirasi

Yang Terhormat Bapak/Ibu…
Yang saya hormati Bapak/Ibu…
Serta, saudara-saudara sekalian yang saya muliakan
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tiada kata yang paling pantas diucapkan pada kesempatan ini selain memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas berkat rahmatNya jualah sehingga kita bisa bersama-sama disini dalam rangka membicarakan seputar permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh negeri yang kita cintai ini. Kehadiran bapak, ibu, serta saudara-saudara sekalian ditempat ini adalah bukti bahwa kita semua ingin melihat pendidikan kita menjadi lebih baik lagi. 

Hadirin yang Berbahagia
Kiranya, kita semua memahami bahwa pendidikan itu adalah salah satu pilar penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam perkembangan suatu bangsa. Melalui pendidikan, kualitas sumber daya manusia suatu bangsa ditingkatkan. Oleh karena itu, pemerintah sebagai pemegang kebijakan pendidikan nasional harus mampu menjamin terselenggaranya sistem pendidikan yang merata disemua daerah tanpa terkecuali

Apalagi, konstitusi kita, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia dalam Pasal 31 ayat 1 sampai 5 dengan jelas mengamanatkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Pemerintah wajib membiayai warga negara tersebut untuk mengikuti pendidikan dasar. Negara diperintahkan untuk memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari nilai APBN dan APBD untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional. Untuk ini semua, kita patutlah memberikan apresiasi pada pemerintah karena telah melaksanakan tugas tersebut dengan baik.

Namun, yang menjadi kendala utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan. Masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa pendidikan itu tidaklah terlalu penting. Pendidikan hanya buang-buang waktu saja, lebih baik bekerja, bisa menghasilkan uang dan membantu ekonomi keluarga. Akibatnya, banyak anak-anak yang seharusnya berada disekolah untuk menimba ilmu, ditemukan ditempat-tempat pekerjaan kasar bergabung bersama orang-orang dewasa. Kondisi ini banyak terjadi pada mereka yang hidup digaris kemiskinan.

Problem ini sebenarnya dapat diatasi dengan memberikan kesadaran tentang arti penting pendidikan untuk masa depan. Proses penyadaran tersebut dapat dikombinasikan dengan pemberian cerita-cerita sukses yang dapat menginspirasi mereka untuk terus bersekolah.   Kita harus bisa meyakinkan mereka bahwa pendidikan merupakan jalan tepat untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik lagi. Langkah ini adalah tanggung jawab kita semua. Sebuah tugas mulia karena sejalan dengan cita-cita negara ini untuk mewujudkan anak bangsa yang cerdas. Meskipun sulit, tetap harus dilakukan agar anak-anak bangsa terlepas dari belenggu kebodohan. 

Akhir kata, semoga Allah SWT memberikan kekuatan pada kita semua untuk melaksanakan tugas mulia ini. Terimakasih atas perhatian saudara-saudara sekalian, 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Singkat Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati.
Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT. Atas segala nikmat serta hidayah-Nya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia.
Dalam mencari ilmu, Allah sendiri pernah menguji para Malaikat-malaikat-Nya. Bahwa ternyata tidak ada seseorangpun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah. Dan sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipan Allah. Bahkan Malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apapun yang kita miliki tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati.
Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu, sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangatlah penting. Sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya walaupun hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

 Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan di ridha’i Allah. Amiin

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Pendidikan untuk Anak yang Berkelainan di Pedesaan

Yang terhormat Bapak/Ibu...
Yang saya hormati Bapak/Ibu..
Serta, saudara-saudara sekalian yang saya muliakan... 
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, yang telah memberikan taufik dan hidayah dengan cara yang sangat sederhana, yakni mempertemukan kita semua ditempat ini, untuk mendiskusikan persoalan pemerataan pendidikan bagi anak-anak yang berkelainan, terutama di pedesaan. Mereka juga adalah anak-anak kita, anak Indonesia, yang berhak mendapatkan pendidikan seperti anak-anak lainnya.

Hadirin yang Berbahagia
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini banyak diberitakan dimedia massa, baik cetak maupun elektronik, banyak menyoroti tentang kehidupan anak-anak yang berkelainan. Bertolak dari fakta ini maka adalah tugas kita untuk menelusuri sejauh mana anak-anak yang berkelainan tersebut sudah mengenyam pendidikan yang wajar seperti halnya anak-anak yang normal. Dengan demikian kita pun menyadari bahwa mereka juga dilahirkan sama seperti manusia-manusia lain, yaitu manusia yang mempunyai kebutuhan-kebutuhan baik primer maupun sekunder yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidupnya sekarang dan masa yang akan datang.

Jika kita memperhatikan masyarakat di sekitar kita, mungkin kita bisa melihat bahwa disana terdapat satu atau dua orang anak-anak yang berkelainan. Situasi dunia pendidikan di negara kita yang sedang berkembang, menyebabkan terbatasnya lembaga-lembaga pendidikan bagi anak-anak yang berkelainan ini. Sepintas memang anak-anak berkelainan "sudah" ditampung di sekolah-sekolah luar biasa (SLB), yang saat ini tersebar di seluruh pelosok tanah air. Akan tetapi keterbatasan fasilitas pendidikan bagi anak-anak berkelainan ini menjadi problem utama saat ini.

Apakah selamanya mereka itu akan dininabobokkan, dianggap sebagai manusia yang tak berdaya? Saya rasa hal ini tidak adil buat mereka. Sebenarnya, anak-anak yang berkelainan ini juga mempunyai potensi yang dapat dikembangkan, yang minimal dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, sehingga hidupnya tidak selamanya tergantung dari lain.

Hadirin yang Berbahagia
Olehnya itu, pada kesempatan ini, saya mengajak kepada kita semua untuk menyadari bahwa para penyandang kelainan tersebut juga merupakan manusia sebagaimana manusia kebanyakan, mereka membutuhkan hal-hal wajar, seperti pendidikan. Kita wajib membantu mereka untuk memerangi rasa pesimis dan rendah diri yang ada pada dirinya, agar segala sesuatu yang akan dilakukan dapat berhasil sebagaimana yang diharapkan. Salah satu jalannya adalah pendidikan yang layak dengan segala fasilitasnya.

Akhir kata, semoga kita semua mendapat kekuatan dari Allah SWT untuk melakukan ini semua, terimakasih atas perhatiannya, 

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Peran Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan

Yang Terhormat Bapak/Ibu...
Yang saya hormati Bapak/Ibu..
Serta, saudara-saudari sekalian yang berbahagia
Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Mengawali pidato ini, marilah kita panjatkan rasa syukur yang sangat mendalam kehadirat Allah SWT yang telah membimbing kita semua untuk tetap berada di jalan perjuangan, demi majunya pendidikan Indonesia. Saya sangat berterimakasih atas kehadiran, bapak, ibu, serta saudara-saudara sekalian, yang telah meluangkan waktu untuk bisa hadir ditempat ini.

Hadirin yang berbahagia
Dalam pembicaraan sehari-hari maupun pembicaraan resmi sering sekali kita mendengar ungkapan "peningkatan mutu pendidikan". Ungkapan ini kadang-kadang diucapkan tanpa pemahaman akan makna yang sebenarnya. Pada umumnya kita mengartikan bahwa mutu pendidikan itu sebagai sifat tinggi rendahnya hasil yang dicapai dengan upaya pendidikan. Pengertian ini tidaklah sepenuhnya salah, namun kurang bijaksana jika hanya ditinjau dari segi tinggi rendah. Pendidikan dapat disebut sudah bermutu jika hasilnya tampak dalam kemampuan dan keinginan individu untuk menjalin hubungan selaras, serasi, dan seimbang terhadap dirinya sendiri, terhadap sesama manusia, dan terhadap Sang Pencipta.

Mutu pendidikan sangat erat berkaitan dengan mutu guru yang menyelenggarakan pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Oleh karena itu, dalam upaya peningkatan mutu pendidikan perlu pula dilakukan upaya peningkatan mutu guru. Peningkatan mutu guru tidak hanya berarti peningkatan kemampuan guru untuk mengajar, melainkan peningkatan kemamouang guru untuk mengelola keseluruhan proses pendidikan kepada siswanya. Ini berarti bahwa peningkatan mutu ini termasuk perbaikan program pendidikan pra jabatan, pengangkatan, penempatan, serta pemeliharaan dalam jabatan termasuk peningkatan kesejahteraan dan pengembangan karirnya.

Untuk tujuan ini telah banyak dilakukan upaya yang terarah dan sistemik, baik melalui proyek-proyek pembangunan, maupun kegiatan pembinaan rutin. Upaya inipun dilakukan di tingkat pusat maupun di tingkat daerah, bahkan di tingkat sekolah atau lembaga pendidikan guru.

Hadirin yang Berbahagia
Olehnya itu, dengan memperhatikan peranan guru yang begitu penting dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, maka perlulah dipertimbangkan secara matang tuntutan kualitas yang dikenakan kepada guru. Tuntutan kualitas itu adalah kompetensi profesional yang memadai yang diharapkan dimiliki, dihayati, dan diterapkan oleh guru dalam melaksanakan tugasnya. Kita patutlah menaruh harapan besar pada program profesi guru sekarang ini yang dilaksanakan oleh pemerintah dapat menghasilkan guru-guru berkualitas dengan perbaikan mutu pendidikan kita.

Mungkin inilah yang sempat kami sampaikan pada kesempatan ini. Kepada hadirin sekalian, kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Demikian artikel tentang Contoh Pidato Sambutan Singkat Tentang Pendidikan Anak Guru dan Inspirasinya yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini dan semoga pa yang kami bagikan ini dapt bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel kami lainnya berikut ini :

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.
Tags

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top