Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel

0

Selamat datang di IDNOffice.my.id, Situs yang menyediakan berbagai macam tutorial, tips dan trik microsoft Office serta keperluan file kantor anda terlengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mengunduh berbagai macam Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan dll dengan berbagai macam format sesuai kebutuhan.

Berikut ini adalah Rekapitulasi input data dari Banyak File pada Excel - .
Download Kumpulan Contoh Surat Template DOC, PPT, PDF AI, CDR, EPS, SVG, PNG, atau JPEG di IDNOffice.my.id. Download Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, serta semua keperluan kantor anda secara gratis all format. Download logo vector format lengkap.
Aku tak tahu judul apa yang paling tepat untuk tutorial ini. Tapi kronologinya seperti ini :
Dalam satu folder terdapat banyak pengguna, dan tiap tiap pengguna menginginkan setiap yang diinput masuk dalam sebuah rekapitulasi yang telah disediakan.
Gambar :
Nomor 1 : menunjukan Nama sebuah Folder disini dibuat nama"data" bisa kalian ubah sesuai keinginan.
Nomor 2 : pengguna, disini dibuat dua pengguna yaitu pengguna1 dan pengguna2, untuk memudahkan tutorial, kalian bisa menambahnya sendiri
Nomor 3 : adalah file rekapitulasi dengan aku kasih nama "rekap.xlsx" 
Sipnosisnya :
Jika pengguna1 menginputkan sebuah data, maka akan secara otomatis masuk kedalam file "rekap", itu juga terjadi pada pengguna2.
caranya :
pertama:
buat folder dengan nama "data" ( bisa nama lain sesuai kebutuhan)
kedua :
buatlah 3 file dengan nama  (1) File Rekap  (2) pengguna1  (3) pengguna2
Buka pada file "pengguna1"
- Pada Range (A1) Ketik "nama"  dan (B1) ketik "alamat"
   
 - Buka Tab Developer ( Jika di excel kalian belum muncul Tab Developer, Kalian bisa mengaktifkannya dulu tutorialnya disini
- Pilih " Visual Basic"  lalu Pilih "Insert => UserForm
- Buatlah Form kurang lebih seperti ini :
 (gambar form ini, meliputi 3 label, 2 TextBox dan 1 CommonButton )
- Klik tombol simpan ( jika sudah keluar jendelanya, ketik rumus berikut :
----------------------------------------------------------------
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim rc As Long
Dim fileku As String
Dim wb As Workbook

Application.ScreenUpdating = False
fileku = ActiveWorkbook.Path
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count 'menghitung jumlah baris yang ada

With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value 'baris akhir kolom A yang kosong, sama dengan nilai textbox nama
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value 'baris akhir kolom B yang kosong, sama dengan nilai textbox barang
End With
ThisWorkbook.Save
Workbooks.Open fileku & "\" & "rekap.xlsx" 'buka workbook rekap
Set wb = ActiveWorkbook
rc = ActiveSheet.UsedRange.Rows.Count
With Sheets(1).Range("A1")
.Offset(rc, 0).Value = Me.TextBox1.Value
.Offset(rc, 1).Value = Me.TextBox2.Value
.Offset(rc, 2).Value = Left(ThisWorkbook.Name, Len(ThisWorkbook.Name) - 4) 'nama dari workbook yang entry
End With

wb.Save
wb.Close 'tutup workbook master
Application.ScreenUpdating = True
Unload Me
UserForm1.Show
End Sub

--------------------------------------------------------------------------------

Tulisan block warna merah menunjukan nama file rekap, ubah sesuai dengan nama file kalian.
selanjutnya>>>>>
Klik Insert => Module
Masukan rumus berikut :
-----------------------------------------
Sub OpenForms()
   UserForm1.Show
End Sub

-----------------------------------------
Klik SIMPAN.
setelah itu buka kembali file pengguna1
- masih pada Tab Developer > Klik Insert
- Pilih Tombol Button
- Drag dimanapun kalian sesukanya..
- secara otomatis akan muncul kotak record macro seperti ini :
- Pilih "OpenForms"
- Klik OK
--------------------------------------------------------------------------

Perlakukan hal sama pada Pengguna2

File Uda Siap dipakai
--------------------------------------------------------------------------
Contoh Filenya bisa didownload disini

 

Bingung cara mengunduh? Baca tata Cara Unduh Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Kerja, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan,Template undangan, template desain, logo dll di situs ini. Gunakan fitur pencarian atau gunakan Sitemap untuk mempermudah pencarian logo, poster, banner, spanduk, id card, kartu nama, twibbon, dll di situs ini.
Not sure how to download? Read system How to Download Examples of Business Letters, Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, Agreement Letters, Statement Letters, Official Letters, Invitation Letters, Invitation Templates, design templates, logos etc. on this site. Use the search tool or use Sitemap to make finding Official Letters, Permits, Power of Attorney, Job Application Letters, Notification Letters, Offer Letters, Resignation Letters, Warning Letters, etc. on this site.
Lihat Ketentuan Layanan sebelum Anda mengunduh contoh surat, Anda dianggap setuju dengan ketentuan tersebut setalah mengunduh contoh surat di situs ini. Jika ada kesalahan tautan unduhan, mohon laporkan ke admin melalui halaman Formulir Kontak agar dapat segera diperbaiki.
See Terms of Service before you download the logo, you are deemed to agree with these terms after downloading the Official Letters on this site. If there is an error in the download link, please report it to the admin via the Contact Form page so that it can be fixed immediately.

Post a Comment

0 Comments
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Post a Comment (0)

buttons=(Accept !) days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn More
Accept !
To Top